Lezatnya Ikan Rinuak Khas Danau Maninjau

Berkunjung ke danau maninjau belum lengkap rasanya jika tidak menikmati kelezatan ikan mungil yang diberi nama masyarakat sekitar dahulunya dengan nama " rinuak ".
Lezatnya Ikan Rinuak Khas Danau Maninjau

Ikan rinuak merupakan jenis ikan kecil yang berada di perairan Danau Maninjau sumatera barat, sebagai hasil tangkapan nelayan sekitarnya. Ikan rinuak salah satu dari spesies ikan yang ada di Danau Maninjau setelah dibangunnya PLTA. 

Sedangkan sebelum dibangunnya PLTA berdasarkan hasil penelitian PSLH Universitas Andalas Tahun 1984 hanya terdapat 9 Famili dengan 33 jenis ikan dan diantaranya tidak ditemukan Famili Osphroneformes dan spesies Psilopsis sp. Ikan rinuak diklasifikasikan kedalam kelas Pisces; ordo Osphroneformes; famili Osphronemidae;  genus  Psilopsis dan  spesies  Psilopsis sp (Azwir, 2010). 

Uniknya ikan ini tidak bisa kita temukan ditempat lain, karena ia hanya bisa hidup didanau maninjau, danau yang berada di sumatera barat ini. Ikan rinuak tidak bisa bertahan lama hidup setelah ditangkap.

Ikan rinuak ini diolah dengan berbagai cara seperti digoreng seperti biasanya, dipalai atau yang lebih akrab dipepes, dibuat semacam gorengan, digulai dan lain sebagainya.

Jika anda berkunjung kedanau maninjau, maka tidaklah sulit mendapatkan ikan rinuak ini, karena sepanjang jalan menuju area danau meninjau maka akan banyak sekali kita temukan pedagang yang menjual makanan khas satu ini, ada yang sudah diolah menjadi makanan yang siap disajikan dan disantap, adapula yang belum diolah, hanya dikeringkan layaknya seperti kerupuk dan kita bisa membawanya pulang sebagai buah tangan dan oleh-oleh sepulang dari danau maninjau.

Dibawah ini adalah berbagai olahan makanan dari Ikan mungil rinuak :
Olahan Rinuak Dengan Cara Dipepes
Lezatnya Ikan Rinuak Khas Danau Maninjau

Rinuak yang telah dikeringkan dan siap untuk digoreng
Lezatnya Ikan Rinuak Khas Danau Maninjau

Olahan Rinuak Di Gulai

Gorengan dari Ikan rinuak
Lezatnya Ikan Rinuak Khas Danau Maninjau

Sekian dulu postingan kali ini semoga menambah wawasan kuliner kita, jika anda ingin menikmati lezatnya olahan makanan rinuak ini silahkan datang saja ke Daerah Danau Maninjau Sumatera Barat.



Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.