Manambang , Tradisi Merayakan Lebaran Bagi Anak-Anak Padang

- 15.57
Hari Raya Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat Islam yang telah menjalani Ibadah Ramadhan sebulan penuh, tibalah saatnya merayakan hari kemenangan itu.
Manambang , Tradisi Merayakan Lebaran Bagi Anak-Anak Padang
Di Indonesia tentunya memiliki berbagai tradisi dalam menjalani dan merayakan hari kemenangan itu, kesemuanya adalah dalam rangka mengisi hari kemenangan dihari nan fitri, Hari Raya Idul Fitri adalah Momentum yang sangat membahagiakan bagi anak-anak minang, Sumatera barat. Betapa tidak dihari nan fitri ini mereka merayakannya dengan penuh kegembiraan, bersuka ria dan penuh canda tawa.

Di Sumatera Barat ( Padang dan sekitarnya ) ada suatu tradisi yang dikenal dengan " Manambang " khusus bagi anak-anak, Manambang hanya ada pada hari raya idul fitri dan tidak ada di hari raya idul adha.

Manambang adalah tradisi unik anak minang, setelah selesai shalat Idul Fitri anak-anak di minang datang kerumah-rumah warga bersilaturrahmi dan dengan sedikit harapan dapat uang THR untuk belanja Lebaran mereka.

Rombongan mengunjungi rumah-rumah warga itu bervariasi, terkadang dalam satu rombongan itu 3 orang, 4 orang atau bakan lebih.

Mengunjungi tetangga hanya dilakukan oleh anak minang secara bersama-sama kelompok kecil mereka, bukan bersama keluarga mereka, kecuali jika yang dikunjungi itu adalah sanak family dan handai taulan, baru anak minang ikut bersama orang tua mereka.

Karena ini merupakan tradisi turun-temurun yang telah ada sejak dahulu, maka setiap Tuan Rumah menyiapkan yang namanya uang THR, sesuai dengan kemampuan mereka, dan biasanya uang THR yang diberikan kepada anak-anak tamu lebaran tadi adalah uang baru pecahan, Rp. 2000-5000.

Hasil dari manambang itu biasanya bervariasi juga, bahkan terkadang sampai ratusan ribu, karena mereka tidak hanya manambang sekitar kompleks saja, namun juga bisa pergi kekompleks yang lain, yang penting mereka tidak bosan mendatangi rumah warga maka akan semakin banyak pula uang yang  mereka dapatkan.

Uang yang sudah didapatkan itu terserah digunakan oleh sang anak minang, orang tua tidak akan mengganggu gugat untuk persoalan uang mereka hasil menambang ini, terkadang ada juga orang tua yang senang menasehati anak mereka agar menggunakan uang dengan hemat atau menganjurkan anaknya untuk menabung agar uang jajan lebarannya bisa berlebih dan bisa digunakan oleh mereka, saat musim sekolah tiba.

Hasil dari menambang ini ada yang digunakan oleh anak minang untuk membeli mainan, membeli kesukaan mereka atau sekedar ikut membeli seperti yang teman mereka beli.

Inilah Informasi tentang- Tradisi " Manambang " Bagi Anak-Anak Padang -, semoga menambah wawasan keberagaman kebudayaan dan tradisi kita.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search