Inilah 5 Mahar Termahal di Indonesia

Pernikahan adalah sesuatu yang sakral, dalam Agama Islam bagi Pemuda yang telah sanggup untuk menafkahi Lahir dan Bathin maka sangat di anjurkan untuk segera menikah, dengan tujuan menjaga pandangan.

Dalam Tradisi yang ada di Indonesia terdapat berbagai macam bentuk adat dan tata cara pernikahan mulai dari mengenal sang calon pujaan hati sampai kepada mahar yang harus dipersiapkan untuk menikahi wanita tersebut.

Di bawah ini akan kami beri gambaran biaya mulai dari mahar sampai kepada biaya pesta pernikahan yang cukup waw,,, dan tidak semua daerah menerapkan hal seperti ini, namun ini nyata dan ada di Indonesia.

1. Gadis Aceh

Waw..Inilah Lima Biaya Mahar dan Uang Jemputan Gadis Indonesia
Gadis Aceh
Baca Juga : Tradisi Pacu Jawi Sumbar  
Kalau kamu jatuh cinta dengan gadis aceh maka siap-siap dah rekeningmu ludes hhe, kenpa gitu ? karena dalam adat pernikahan di aceh, mahar kepada gadis aceh dihitung berdasarkan hitungan Mayam emas. Mayam itu satuan emas yang digunakan oleh masyarakat aceh dimana satu mayam setara dengan 3, 33 gram. Gampangannya gini deh,  kalau sekarang harga emas Rp 510.500, maka satu mayam emas hari ini di Aceh adalah Rp. 1.700.000. dan tentu belum termasuk ongkos pembuatannya sekitar Rp. 50 ribu.

Nah, gadis aceh maharnya kisaran 3-30 mayam. Tapi itu juga tergantung latar belakangnya, semakin tinggi latar belakangnya maka bisa lebih dari itu. Tapi bukan itu saja, masih ada uang hangus dan uang kamar, masih berdasarkan info dari helloacehku.com beginilah contoh rinciannya…

Cincin tunangan (2 mayam) : Rp. 3.400.000
Seserahan saat tunangan : Rp. 1.200.000
Mahar Nikah ( 16 mayam) : Rp. 27.200.000
Seserahan saat resepsi (di hitung dengan isi talam sesuai dengan jumlah Mayam, walaupun tidak wajib) : Rp 6.000.000
Uang hangus : Rp. 6.000.000
Isi Kamar : Rp 10.000.000
Biaya resepsi : Rp. 30.000.000
Total keseluruhan : Rp 83.800.000 di bulatkan menjadi Rp 84.000.000.

2. Gadis Bugis
Waw..Inilah Lima Biaya Mahar dan Uang Jemputan Gadis Indonesia
Gadis Bugis Makassar
Gadis bugis nan cantik jelita ternyata dibutuhkan mahar yang cukup tinggi untuk meminangnya. Masyarakat bugis itu mematok mahar berdasarkan ketinggian derajat dan pendidikannya. Jadi gadis lulusan SMA akan beda harganya dengan gadis lulusan S1, apalagi S2 dan S3. Wow bikin nyesek nggak tuh ?

Sebagai gambaran, seorang gadis yang telah menyelasaikan pendidikan S1, patokan maharnya seharga lebih dari Rp 50 juta. Trus kalau S2 bisa sampai Rp. 75 juta, Jadi jika anda tertarik untuk menikah dengan gadis bugis harus nabung yang banyak dulu, agar ketika acara lamaran kamu tidak merasa kaget ya.

3. Gadis Batak
Waw..Inilah Lima Biaya Mahar dan Uang Jemputan Gadis Indonesia
Gadis Batak – Raline Shah
Sebuah ungkapan blak-blakan cowok batak dari sini, “Kalau boleh sama mamaku, uda kucari perempuan jawa. Gila ah. mahal kali biaya ngelamar pacarku yang sekarang. Cuma karena mama ku cuma mau menantu orang Batak makanya kuusahakan. tapi memang kuakui lha, mahalnya luar biasa. kalo gak ada minimal 80 juta, gak usalah nikah sama cewek Batak.”

Jadi kalau di adat batak, ada yang namanya sinamot sebagai harga mati buat kelangsungan sebuah pernikahan. Berapa besarnnya ? ya diatas 50 juta lah. Semahal itukah? ya semahal itu.  Inilah yang menjadi salah satu alasan seorang boru ni raja (read : perempuan batak) menikah diumur yang bisa dibilang diatas matang. Itu belum termasuk biaya pernikahan dan lain-lainnya

4. Gadis Banjar
Waw..Inilah Lima Biaya Mahar dan Uang Jemputan Gadis Indonesia
Gadis Banjar – Pevita
Nah kalau kamu suka gadis banjar, kamu harus tahu bahwa dalam lingkungan masyarakat Kalimantan Selatan dan Tengah, sejak lama telah mengakar secara turun temurun budaya jujuran. Jujuran adalah sejumlah uang dalam besaran tertentu (dengan nilai yang telah disepakati) yang wajib diserahkan oleh calon / keluarga calon mempelai laki-laki kepada keluarga calon mempelai perempuan yang dipergunakan untuk mengadakan walimah/syukuran acara pernikahan.

Jumlahnya mulai 5 juta sampai-20 Juta bahkan bisa lebih, itu belum termasuk biaya-biaya lainnya seperti biaya tempat tidur dan biaya pesta pernikahan. Semakin banyak undangan maka semakin banyak pula biaya yang harus disiapkan.

harus menabung ya teman jika kamu kecantol gadis banjar, supaya bisa secepanya pernikahan itu berlangsung.

5. Gadis Nias
Waw..Inilah Lima Biaya Mahar dan Uang Jemputan Gadis Indonesia
Gadis Nias – puteri pariwisata nias 2013
Nah adat di Nias, ketika dua muda mudi hendak mkenikah, maka pihak cowok harus memberikan mahar berupa 100 ekor babi dewasa. Setara berapa duit tuh? tetapi kalau si cowoknya  ndak sanggup maka dia bisa mengabdi kepada mertuanya sampai nilai maharnya dianggap lunas. Yeah…

Gimana teman, butuh kerja berapa tahun untuk meminang gadis pujaanmu? tapi cinta itu selalu ada jalan untuk menggapainya, semoga kamu mendapatkan gadis impianmu ya teman.

Demikian informasi menarik hari ini, semoga menambah wawasan kita bersama.
Sumber : http://www.lookup.co.id

11 Comments

  1. Alhamdulillah, gadis muslimah maharnya ga semahal itu, tapi inget, itu yg muslimah beneran, bukan yg islam KTP..

    ReplyDelete
  2. Macam mana lahh .. tdk jadi lah aku menikah ini .. macam mana pula mahar itu .. mahal kali ...

    ReplyDelete
  3. Muslimah yang baik adalah yang meringankan maharnya kepada calon suami nya

    ReplyDelete
  4. Semakin tinggi ilmu seorang wanita. Semakin murah maharnya. Wanita berilmu akan memudahkan maharnya..

    ReplyDelete
  5. Gadis Lampung Gak Di Hitung Tuh?? Coba ditelusuri dulu tuh sejarah juga faktanya di Lampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mau buat lima aja buuuk...emang mslahnya dimana???

      Delete
  6. Beli barang ga sampai setengah jengkal mahalny min ampun jar....

    ReplyDelete
  7. Ah gak segitunya juga kali...saya menikah dgn gadis aceh...smua tergantung ketegasan dan kesanggupan pihak laki2 dan pengertian dri pihak perempuan...jgn cuma gara2 cinta mahar selangit disanggupin...yg da abis nikah gak punya uang belanja istri minta cerai...laki2 juga harus bisa menentukan, klo kemahalan ya cari yg lain aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Sekali Pak, cuma ini kan gambaran umum, pada kenyataannya pasti akan ada perbedaan tergantung kesepakatan kedua belah piha.

      Delete
  8. Kalau pingen tanpa mahar ya hamil duluan aja ,,,,,,dijamin biaya terbatas bisa nikah....ekekkekekwkekek

    ReplyDelete
  9. Wakakakak.. Itu namanya "hamdan"... Hamil duluan

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Contact Form