Empat Pertanyaan Di Padang Mahsyar

Setelah terjadinya hari kiamat maka kita akan melalui beberapa tahapan untuk menuju kehidupan yang kekal abadi selamanya maka pada tahap Yaumul Mahsyar atau yang kita pahami sebagai " Tempat Berkumpul " seluruh manusia, untuk mempertanggung jawabkan apa yang telah ia kerjakan selama hidup di dunia ini.

Jadi ketika kita telah berada di " hari berkumpul " itu, maka berdasarkan hadist Rasulullah SAW, Hr.Tarmidzi bahwa Rasulullah SAW bersabda " Tidak akan berpindah tempat berdiri seorang hamba ( Dihari berkumpul itu ) sebelum ditanyakan kepadanya empat pekara, Tentang umurnya kemana ia habiskan, tentang ilmunya untuk apa ia amalkan, tentang hartanya darimana di dapatkan dan kemana ia belanjakan, dan tentang Tubuh/jasad untuk apa dipakai ".
Empat Pertanyaan Di Padang Mahsyar

Pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan satu-persatu tentang pertanyan itu :

1. Tentang umur kita kemana di habiskan...?

Kita hidup diatas dunia telah diberikan jatah umur oleh ALLAH SWT, maka selama kita hidup berapapun jatah umur yang telah diberikan kepada kita maka nantinya akan diminta pertanggung jawaban, akan ditanya kembali untuk apa umur kita kita habiskan ?

Agar kita selamat dari pertanyaan ini maka kita harus memahami apa tujuan kita hidup diatas duni ini, maka kita tidak akan menghabiskan umur yang sia-sia, karena tujuan hidip kita didunia bukan untuk menumpuk harta, mengejar jabatan dan lain sebagainya, namun tujuan utama manusia dan jin itu diciptakan oleh ALLAH SWT adalah untuk mengabdi kepadanya.

2. Tentang Ilmu Untuk Apa diamalkan...?

Kita diwajibkan menuntut ilmu untuk menjalankan syariat ALLAH dalam kehidupan sehari-hari agar selamat hidup didunia ini, maupun diakhirat nantinya.

Nah setelah kita menuntut ilmu kita menjadi orang yang mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk, sehingga orang yang mengamalkan ilmu dengan benar adalah yang sesuai dengan aturan dalam Islam, begitupun sebaliknya tatkala kita mengabaikan ini semua maka bersiaplah untuk mempertanggungjawabkan diakhirat kelak.

3. Tentang Harta darimana didapat dan kemana diBelanjakan..?

Ini sekaligus 2 pertanyaan uang diberikan oleh ALLAH SWT, yaitu darimana kita dapatkan harta, apakah dengan jalan yang halal atau dengan jalan mencuri, korupsi dan sebagainya, itu semua akan diminta pertanggung jawaban oleh ALLAH SWT.

Ingin berlama-lama dengan pertanyaan ketiga maka abaikanlah tentang halal haram harta benda yang kita miliki, tidak samapi kepada darimana didapat saja, namun terhadap harta benda yang kita punya juga akan ditanyakan kemana dibelanjakan..? apakah ada digunakan untuk membayar zakat, infaq, sedekah dan lain sebagainya.

4. Tentang Jasad/tubuh untuk apa dipakai..?

Tubuh yang kita miliki hari ini, bukan punya kita namun hanya titipan ALlah agar kita melakukan hal yang baik, namun apakah sudah sesuai yang diberikan Kepada kita digunakan dalam rangka ketaatan kepada ALLAH atau kemungkaran.

Demikianlah artikel tentang empat pertanyaan diyaumul mahsyar, semoga kita bisa mempersiapkan bekal sebanyak-banyak, bekal akhirat itu bukan harta, tahta, dan kemegahan, namun hanyalah amalan yang mengantarkan kita kepada surganya Aaamiin.

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

2 komentar:

  1. terimaksih pa ustad,saya dapat mengevaluasi diri saya lebih dalam lagi.terimaksih.alhamdulillah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga telah berkunjung semoga kita menjadi Insan Yang Di Cintai ALLAH swt Amiin.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.