Mengenal " Dadiah " Yoghut Susu Kerbau Asli Sumatera Barat

- 16.23
Yoghurt, makanan yang akhir-akhir ini semakin banyak digemari. Selain rasanya enak, terbukti juga Yoghut sangat baik untuk kesehatan. Tidak heran, di berbagai tempat di mall lebih mudah kita menemukan yoghurt. Sebelum dikenal luas di Indonesia, yoghurt telah dikenal di banyak negara di luar negeri.
Mengenal " Dadiah " Yoghut Susu Kerbau Asli Sumatera Barat

Ada satu hal yang menarik bagi saya tentang yoghurt. Yoghurt terkenal di luar negeri, ternyata sama seperti makanan khas Sumatera Barat, yang telah ada sejak zaman kuno. Di Sumatera Barat, dikenal dengan nama "Dadiah".

Dadiah telah sejak lama ada. Di sekitar tahun 1977, salah seorang ahli study ke Jerman. Dia adalah sarjana peternakan dan memahami tentang membuat Dadiah. Di Jerman, ternyata ada juga makanan yang dibuat dengan cara yang sama dengan membuat Dadiah. Makanan ini disebut yoghurt. Ternyata itu adalah sama dengan  " yoghurt Dadiah ".

Yoghurt sudah ada di berbagai negara sejak dahulu. Tetapi tidak diketahui dengan pasti dari negara mana yang pertama membuat makanan ini. Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui proses fermentasi. Yoghurt dapat dibuat dari apa saja, termasuk susu kedelai. Di dunia dikenal untuk beberapa jenis yoghurt nama dan negara pembuatnya yang berbeda yaitu sebagai berikut.
  • Dadiah adalah dari Sumatera Barat ( Indonesia )
  • Dahi dari India
  • Dari Lebanon, Labneh adalah yogurt dipadatkan.
  • Bulgaria Bulgaria, kadar air sedikit sehingga mirip dengan krim keju.
  • Lassi dari India, dalam bentuk minuman
  • Kaukusus, dalam bentuk minum kefir.

Dadiah fermentasi dari sumatera barat ini cukup mudah membuatnya dan cukup sederhana. Pertama-tama susu kerbau segar baru diperah lalu disaring untuk memisahkan kotoran atau benda asing yang masuk selama memerah susu, kemudian dimasukkan ke dalam tabung bambu yang telah di potong (dengan panjang dari masing-masing masing-masing ± 5 cm dari segmen/buku-buku bambu).

Tabung bambu yang telah berisi susu kerbau yang disimpan ditempat yang tidak terkena pada sinar matahari langsung  diamkan selama kurang lebih 2
hari atau sampai menjadi tebal /kental.

Di sumatera barat Yoghut " Dadiah Ini sangat mudah ditemukan dipasar-pasar tradisional maupun disupermarket, yang ada di sina, dan harganya juga terjangkau, dan diolah dengan aneka ragam jenis olahan oleh masyarakat Sumatera barat. 

Demikian Informasi tentang " Mengenal " DADIAH " Yoghut Susu Kerbau Asli Sumatera Barat, semoga menambah wawasan kita semua.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search