Masjid Agung Madani Islamic Center Rohul

Masjid megah dan cantik di Riau, Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu. Masjid ini dibangun megah oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bukan hanya sebagai tempat ibadah umat muslim, namun juga sebagai pusat kegiatan umat islam di daerah ini bahkan menjadi obyek wisata religius.
Masjid Agung/center Pasir Pangiraian Rokan Hulu

Berdiri nya Masjid Agung Madani Islamic Center berdasarkan ide Bupati Rokan Hulu  2 (dua) priode 2006-2016, Drs. H. Achmad, M.Si,  pendiriannya dilatar belakangi,  karena belum  adanya masjid yang refresentatif untuk di jadikan sebagai tempat sholat dan kegiatan keagamaan setingkat kabupaten,  selain itu  cucu Syekh Ibrahim ini memandang perlu sebuah masjid kabupaten yang dapat di jadikan sebagai pusat aktifitas sekaligus simbol nya umat islam di rokan hulu,  apalagi  daerah ini dijuluki negeri seribu suluk, yaitu suatu daerah dimana  terdapat banyak masyarakat yang melaksanakan zikir di suatu tempat khusus ( surau )  yang disebut dengan   ber  “suluk”.

Masjid Agung Madani Islamic Center Rohul
Kondisi di dalam Masjid Agung Madani Islamic Center Rohul 

Mesjid nan begitu megah tidak hanya menjadi kebanggan masyarakat Riau semata, karena mesjid ini telah menjadi Icon Wisata Religius Kota Pasir Pangiraian saat ini, wisatawan lokal maupun mancanegara telah ramai berkunjung ke mesjid ini, untuk sekedar melihat indah dan sejuknya pemandangan Mesjid ini. Sekaligus tempat beribadahnya umat Islam.

Masjid indah dan rapi penuh seni ini,  merupakan masjid yang di desain seperti Masjid Nabawi di Madinah.  Bangunan Masjid Agung Madani Islamic Center pasir pangiraian penuh dengan lambang dan symbol keislaman, yang mempunyai makna dan arti mendalam, memperlihatkan betapa tinggi dan mulianya agama Islam.

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu dihiasi dengan berbagai kaligrafi serta lampu gantung seberat 2 ton, terbuat dari Pelat Kuningan dari Italia, dan batu hias, Batu Oksi dari Jawa Timur, Batu Akik dari Kalimantan dan Turki, Batu Cris Topas dari Jawa Barat dan Batu Kalimaya dari Banten, kaca lampu Gold Spectrum dari Amerika dan bagian tengah merupakan perisai muslim, bagian pinggir terdapat rantai yang merupakan persatuan umat Islam, 8 bilah pedang sabilillah Khaidir Ali, 16 busur panah Syaidina Ali bin Abi Tholib dan 8 tombak Abu Bakar Assiddiq, ditambah dengan bunga Kusuma lambang kejayaan Islam dan dikelilingi surat Al-Fatihah, surat Al –Kafirun, surat Annas serta 99 Asmaul Husna.

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu juga dilengkapi dengan sarana MCK ( Mandi Cuci Kakus) yang cukup  memadai, tempat wudhu yang nyaman dan bersih, sajadah dari Turki.

Dilingkungan Masjid Agung Madani tersedia berbagai fasilitas seperti Klinik, Fitnes Centre, Perpustakaan digital yang langsung terkoneksi dengan Perpustakaan di Mesir, sehingga Mahasiswa dan Pelajar disana bisa mencari Referensi tentang pelajaran mereka di pustaka Mesjid.

Jika Anda Tertarik untuk mengunjungi Masjid Agung Madani Islamic Center Pasirpangaraian ini, Jarak tempuh dari pusat kota pekanbaru kira2 berjarak 169 KM atau sekitar 3 jam 50 menit lewat jalan perlintasan Petapahan - Garuda Sakti.


My Galleri Di Masjid Islamic Center Pasir Pangiraian :

Masjid Agung Madani Islamic Center Rohul


Sekian dulu ya postingan saya pada kesempatan hari ini, semoga besok bisa menulis lagi dan kita selalu di berikan kesehatan oleh Allah SWT, Aaamiiin.

Artikel Lainnya Mungkin Anda Suka :

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.