Tau Gak Sih.? Ini Bahaya Terlalu Lama Depan Laptop / Komputer

Waktu orang rata-rata menghabiskan dengan perangkat elektronik tumbuh setiap hari. Sebagian besar warga Amerika selalu berhadapan dengan komputer dan ponsel. Belum lagi jika mau menyebutkan sejumlah perangkat lain seperti tablet, microwave, dan televisi, dll. Bahkan, menurut the New York Times, 54% orang Amerika yang berusia 18-30 memiliki minimal satu laptop. Tak perlu dikatakan, perangkat ini begitu integral dengan kehidupan modern bahwa interaksi dengan mereka setiap hari tampaknya tak terelakkan. Kenyataan ini membuat radiasi komputer yang jauh lebih mengkhawatirkan; terutama radiasi dari satu laptop, yang digunakan untuk bekerja dan bersantai dan sering datang ke dalam kontak dekat dengan satu tubuh.

Tau Gak Sih.? Ini Bahaya Terlalu Lama Depan Laptop / Komputer


Radiasi komputer / Laptop dapat memiliki segudang efek negatif pada tubuh seperti; masalah kesuburan Pada pria dan wanita, fragmentasi DNA (yg tak dpt diubah perubahan kode genetik), kulit ruam dan luka bakar serta kondisi kesehatan yang serius. Bahaya dari radiasi komputer datang dari termal dan energi rendah bebas-radiasi pengion, yang berasal dari fungsi internal komputer dan koneksi Wi-Fi.

Bahaya lain terlalu lama didepan komputer / Laptop adalah sebagai berikut :

1. Saraf-saraf jari yang terganggu. Lama mengetik suatu naskah dapat membuat jari-jari anda sulit untuk digerakkan. Hal ini karena adanya benjolan-benjolan di sendi jari anda. Akibatnya jari anda akan merasa seperti engsel jendela yang berbunyi “krek” saat digerakkan.

2. Nyeri pada bahu. Dulu pekerja ke kantor membawa folder dan mahasiswa ke kampus membawa buku namun sekarang sering dijumpai bagi para pekerja ataupun mahasiswa yang membawa laptop di tasnya yang beratnya melebihi titikm ketegangan otot bahu. Dampaknya adalah rasa sakit pada bahu sehingga menimbulkan nyeri.

3. Postur tubuh membungkuk. Sudah tak dapat dipungkiri lagi bahwa kecenderungan tubuh akan membungkuk saat berada di tempat yang nyaman. Kenyamanan menggunakan komputer inilah yang semakain membuat tubuh tidak tegak. Hasilnya adalah gangguan pada postur tubuh.

4. Mata kering. Keharusan menatap layar komputer menyebabkan pandangan mata menjadi memburuk terkecuali anda memakai kacamata anti-silau. Saat asyik di depan komputer kita pun cenderung untuk lebih sedikit berkedip. Inilah yang mambuat mata menjadi kering ditambah lagi terlalu sering menggosoknya sehabis menatap layar komputer.

5. Impotensi. Jangan terkejut! Impotensi adalah bahaya pekerjaan yang umum pada dewasa ini. Jika Anda menjaga laptop secara langsung di pangkuan, maka Anda telah membunuh cukup sperma. Maka dari itu, selalu gunakan papan atau sejenisnya untuk melindungi organ reproduksi anda dari kerusakan atau ini bisa menjadi penyebab impotensi setelah digunakan berkelanjutan.

6. Duduk terlalu lama – sangat berbahaya jika kita duduk terlalu lama baik di depan layar computer ataupun layar televisi. Dalam sehari kita semua akan duduk hingga delapan jam di depan layar computer ataupun lebih dari delapan jam yang dikarenakan tugas kantor yang menumpuk dan tidak ada habisnya. Setelah pulang kerjapun, kita akan duduk di depan layar computer untuk melanjuti tugas yang belum selesai atau duduk di depan layar televisi sekedar mencari hiburan. Jika dalam sehari-hari kita selalu melakukan hal seperti ini. Ada baiknya kita memahami beberapa bahaya yang dapat menyerang tubuh atau kesehatan kita.

Tips Aman : Bagi anda yang pekerjaannya memang didepan komputer dari beberapa sumber yang penulis dapatkan ada beberapa hal yang perlu anda lakukan agar terhindar dari berbagai resiko dalam menghadapi komputer setiap hari, diantaranya adalah :
  • Membiasakan diri selama bekerja didepan komputer agar minum air putih yang banyak
  • Berdiri sebentar setiap 30 menit sekedar untuk merileksasikan tubuh
  • Menggunakan pengaman pada layar agar tidak membuat mata cepat lelah karena berlama-lama didepan komputer.

Itulah Beberapa bahaya jika kita terlalu sering berhadapan dengan layar laptop dan komputer, semoga bermanfaat.

Artikel Berhubungan

Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.